Langsung ke konten utama

Makhluk Peta mana yang memakan sajian pada suatu upacara sembahyang?

Makhluk Peta mana yang memakan sajian pada suatu upacara sembahyang?


Makhluk Peta adalah makhluk setan yang diam di alam Peta. Makhluk setan ini terbagi dalam berbagai kelompok. Kelompok-kelompok itu adalah: Kelompok Peta 4, Kelompok Peta 12, dan Kelompok Peta 21.


Kelompok Peta 4 terdiri atas Paradattupajivika-Peta, Khupapipasika-Peta, Nijjhamatanhika-Peta, dan Kalakancika-Peta. Kelompok Peta 12 terdiri atas Vantasa-Peta, Kunapasa-Peta, Guthakhadaka-Peta, Aggijalamukha-Peta, Sucimuja-Peta, Tahnattita-Peta, Sunujjhamaka-Peta, Suttanga-Peta, Pabbatanga-Peta, Ajagaranga-Peta, Vemanika-Peta, dan mahidhadhika-Peta. Kelompok Peta 21 terdiri atas Atthisankhasika-Peta, Mansapesika-Peta, Mansapinada-Peta, Nicachaviparisa-Peta, Asiloma-Peta, Stiloma-Peta, Usuloma-Peta, Suciloma-Peta, Dutiyasuciloma-Peta, Kumabhanda-Peta, Guthakupanimugga-Peta, Guthakhadhaka-Peta, Nicachavitaka-Peta, Dugagandha-Peta, Ogilini-Peta, Asisa-Peta, Bhikkhu-Peta, Bhikkhuni-Peta, Sikkhamana-Peta, Samanera-Peta, dan Samaneri-Peta.


Makhluk Peta yang memakan atau dapat menerima makanan yang disajikan orang dalam upacara sembahyangan adalah Paradattupajivita-Peta yang tergolong dalam kelompok Peta 4. Tiga Peta lain dari kelompok 4 itu tidak dapat menerima makanan yang disajikan dalam upacara sembahyang. Para Bodhisatva jika terlahir sebagai setan akan menjadi setan paradattupajivika. Makhluk-makhluk Peta hidup jauh dari kesenangan dan kebahagiaan. Mereka tergolong sebagai makhluk yang sengsara dan celaka. Mereka mempunyai bentuk badan tersendiri dengan rupa yang buruk dan dengan berbagai macam ukuran besar dan tingginya.

Artikel Populer