Langsung ke konten utama

Apakah "saddha" sama dengan "kepercayaan"?

Dalam agama pada umumnya terdapat aspek kepercayaan. Dalam agama Buddha saya mendengar istilah "saddha". Apakah "saddha" sama dengan "kepercayaan"?

Saddha bukanlah berarti kepercayaan seperti biasanya dimaksudkan orang, emlainkan keyakinan yang timbul dari sesuatu yang "nyata". Dalam agama Buddha istilah "saddha" sering diartikan sebagai mencakup "percaya".
Asanga pujangga Buddhis terkemuka, pada abad keempat sesudah masehi, mengatakan bahwa Saddha mencakup tiga unsur, yaitu keyakinan yang kuat terhadap sesuatu, kegembiraan yang mendalam terhadap sesuatu sifat yang baik, dan harapan untuk mencapai sesuatu kelak. Di sini tidak terkandung pengertian "percaya". Masalah percaya itu timbul jika kita tidak melihat dengan benar. Setelah kita melihat, persoalan percaya tidak akan ada lagi. Jika kepada Anda ditunjukkan genggaman tangan yang dikatakan berisi sesuatu, maka akan timbul masalah percaya itu. Sang Buddha pernah bersabda bahwa yang penting bukanlah percaya melainkan mengetahui atau melihat. Mereka yang mencapai tujuan adalah mereka yang mengetahui dan melihat, bukan mereka yang percaya saja.

Artikel Populer