Langsung ke konten utama

Apakah obyek meditasi (samadhi) yang tepat untuk umat awam dan posisi apa yang baik dan tepat sewaktu bermeditasi?

Apakah obyek meditasi (samadhi) yang tepat untuk umat awam dan posisi apa yang baik dan tepat sewaktu bermeditasi?
Ada 40 obyek meditasi. Obyek-obyek itu digolongkan dalam tujuh bagian menurut sifat dan tujuan pemakaiannya, yaitu: Sepuluh kasina (wujud benda), sepuluh kekotoran (asubha sanna), sepuluh perenungan (anussati), empat keadaan luhur (appamanna atau brahma vihara), satu perenungan terhadap makanan yang menjijikan (aharepatikulasanna), satu analisa terhadap empat unsur (catudhatuvatthana), empat perenungan tanpa materi (arupa).
Sebelum memulai lathan meditasi, hendaknya dipilih obyek yang cocok dengan keadaan sifat pribadi untuk memudahkan pengendalian pikiran dan untuk mempercepat pencapaian kemajuan. Orang yang keras nafsu lobhanya sebaiknya menggunakan salah satu dari sepuluh kekotoran (asubha) atau perenungan terhadap badan jasmani (kayagatasati) sebagai obyek. Orang yang keras sifat bencinya sebaiknya memakai salah satu dari obyek appamanna ataupun kasina warna. Orang yang mempunyai kebodohan batin, suka bingung, ragu-ragu dan melamun sebaiknya memakai obyek pernafasan. Orang yang tebal keyakinannya sebaiknya memakai obyek perenungan terhadap Buddha, Dhamma, Sangha, Sila, Caga, atau Devata. Orang yang mempunyai pengetahuan Dhamma dan cenderung bersifat hati-hati atau bijaksana sebaiknya memakai salah satu perenungan terhadap kematian, makanan yang menjijikan atau analisa terhadap empat unsur. Sesungguhnya, setiap orang mempunyai sifat yang mempunyai campuran dari semua sifat itu yang lebih menonjol. Sifat yang menonjol ini dapat dijadikan dasar untuk memilih obyek meditasi yang sesuai. Dalam pelaksanaannya, sebaiknya dimintakan petunjuk dari orang yang memahami masalah meditasi.
Mengenai posisi dalam meditasi, orang bebas untuk memilih atau menentukannya. Namun, biasanya posisi yang dianggap baik adalah duduk bersila di lantai yang beralas dengan meletakkan kali kanan di atas kaki kiri dan tangan kanan menumpu tangan kiri di pangkuan. Sebaiknya meditasi dilakukan antara 04.00 dan pukul 07.00 pagi dan pada malam hari antara pukul 18.00 dan pukul 22.00. Jika meditasi sudah maju, waktu tidak lagi menjadi persoalan.

Artikel Populer