Langsung ke konten utama

Apakah agama Buddha membagi umatnya dalam golongan-golongan?

Apakah agama Buddha membagi umatnya dalam golongan-golongan? Bagaimana dengan kedudukan pandita dalam agama Buddha? Apakah dasar penggolongan tersebut?

Agama Buddha hanya mengenal dua kelompok penganut atau umat, yaitu kelompok masyarakat keviharaan (sangha) dan kelompok masyarakat awam atau umat biasa. kelompok masyarakat keviharaan terdiri atas bhikkhu/bhikkhuni/samanera/samaneri, sedangkan kelompok masyarakat umat biasa meliputi semua umat Buddha yang tidak termasuk dalam sangha. Kelompok masyarakat awam atau umat biasa terdiri atas para upasaka dan upasika.
Pada dasarnya, pandita adalah seorang upasaka/upasika juga, namun ia seorang upasaka/upasika atau umat Buddha yang mengemban tugas fungsional keagamaan tertentu yang mungkin tidak dapat dilaksanakan oleh seorang anggota sangha. Lembaga kepanditaan ditemukan di Indonesia hanya karena adanya kekhususan dalam sistem kemasyarakatan Buddhis di Indonesia. Penggolongan tersebut hanya didasarkan pada kedudukan sosial mereka masing-masing.

Artikel Populer