Langsung ke konten utama

13 Cara Membedakan Suatu Aliran itu Ajaran Buddha atau Tidak

13 Cara Membedakan Suatu Aliran itu Ajaran Buddha atau Tidak

Di zaman sekarang ini, ada aliran  yang bernaung di bawah nama agama buddha, tetapi ajaran atau dhamma yang di ajarkan tidak sesuai dengan yang di ajarkan Sang Buddha. Oleh karena itu, kita harus bisa membedakan, mana ajaran buddha yang sesungguhnya atau tidak. Secara garis besar, aliran dalam Buddha Dhamma adalah Theravada, Mahayana dan Tantrayana. Aliran-aliran ini timbul karena adanya perbedaan tradisi, pemikiran, namun masih berada dalam jalur buddhis, yakni semua aliran :

1. Masih berdasarkan ajaran Buddha Gautama bukan buddha yang lain dan walaupun nantinya akan ada buddha di masa depan, ajaran Para Buddha tetaplah sama.

2. Mengakui Tripitaka sebagai kitab suci umat Buddha.

3. Mengajarkan Empat Kesunyataan Mulia dan Jalan Mulia atau Tengah Beruas Delapan (yang sama di semua aliran).

4. Mengajarkan Tilakkhana atau Tiga Corak Universal (Anicca, Dukkha, Anatta)

5. Mengajarkan Hukum Karma dan Tumimbal Lahir

6. Mengajarkan Paticcasamupada atau Hukum Sebab Akibat yang Saling Bergantungan

7. Mempraktekkan Sila, Samadhi dan Panna

8. Memiliki tujuan akhir ke Nibanna.

9. Mempercayai 31 alam, namun bukan tujuan akhir.

10. Ajaran Buddha Tidak memiliki sosok Tuhan yang ikut campur dalam kehidupan manusia dan menjadi sentral dari alirannya.

11. Ajaran Buddha Tidak ada sosok penyelamat umat manusia, tapi diri sendirilah penyelamat sesungguhnya.

12. Buddha Gautama atau Sakyamuni sebagai penemu Buddha Dhamma.

13. Mengakui Buddha, Dhamma dan Sangha. Ajaran Buddha Gautama belum ditinggalkan umat manusia, Dhamma tak ada istilah sudah tergantikan, Vinaya dalam Sangha belum ditiadakan.

Untuk itu, Selama suatu aliran mengajarkan para pengikutnya untuk mengembangkan kebajikan, mengurangi kejahatan dan juga membersihkan batin dari ketamakan, kebencian serta kegelapan batin, maka aliran itu tentunya merupakan aliran yang baik. Sebagai umat buddha, Apapun nama aliran itu tidaklah menjadi masalah. Para Buddha hanya mengajarkan, membimbing dan menunjukkan Sang Jalan (Dhamma), namun, kita sendirilah yang harus berusaha, menempuh jalan yang telah ditunjukkan. Seseorang yang melangkah di jalan Dhamma akan terbebas dari belenggu mara.

Jadi, itulah 13 Cara Membedakan Suatu Aliran itu Ajaran Buddha atau Tidak. Sekian

Artikel Populer