Langsung ke konten utama

Bagaimana menjadi seorang Buddhis?

Suatu ketika ada lelaki yang bernama Upali yang sangat terkesan pada ajaran Sang Buddha dan memutuskan untuk menjadi salah satu murid beliau. Tetapi Sang Buddha berkata kepadanya:
“Lakukanlah sebuah penyelidikan yang saksama terlebih dahulu Upali. Penyelidikan yang saksama adalah hal yang baik untuk orang ternama seperti anda.” M.II, 379
Dalam Buddhisme, pemahaman merupakan hal yang paling penting dan pemahaman membutuhkan waktu, ia merupakan hasil akhir dari sebuah proses. Jadi, jangan langsung terburu-buru masuk ke Buddhisme. Luangkan waktu anda, tanyakanlah pertanyaan-pertanyaan, pertimbangkan dengan cermat dan kemudian ambillah keputusan anda. Sang Buddha tidak tertarik memiliki jumlah murid yang banyak. Beliau menaruh perhatian bahwa orang-orang seharusnya mengikuti ajarannya sebagai hasil dari pengamatan yang cermat dan pertimbangan atas fakta-fakta.
Akan lebih baik anda bergabung ke sebuah vihara yang baik atau kelompok Buddhis, mendukungnya, didukung oleh mereka dan terus belajar lebih jauh tentang ajaran Buddha. Kemudian, ketika anda telah siap, anda dapat secara resmi menjadi Buddhis dengan mengambil Tiga Perlindungan.
Sebuah perlindungan adalah tempat kemana orang-orang pergi ketika mereka bersedih atau ketika mereka membutuhkan keselamatan dan keamanan. Ada banyak tipe perlindungan. Ketika orang-orang tidak berbahagia, mereka berlindung dengan teman mereka. Sang Buddha berkata:
“Dengan berlindung kepada Buddha, Dhamma dan Sangha dan untuk melihat dengan pemahaman sejati Empat Kebenaran Mulia, penderitaan, penyebab penderitaan, melampaui penderitaan, dan Jalan Mulia Berunsur Delapan yang membawa untuk melampaui penderitaan, Inilah sesungguhnya perlindungan yang aman, Inilah perindungan tertinggi Inilah perlindungan dimana seseorang terbebaskan dari segala penderitaan.” Dp 189-192
Mengambil perlindungan kepada Buddha merupakan penerimaan penuh keyakinan akan fakta bahwa seseorang bisa sepenuhnya tercerahkan dan sempurna sama seperti Sang Buddha. Mengambil perlindungan pada Dhamma berarti memahami Empat Kebenaran Mulia dan menjadikan kehidupan seseorang berdasarkan pada Jalan Mulia Berunsur Delapan. Mengambil perlindungan pada Sangha berarti mencari dukungan, inspirasi dan tuntunan dari semua yang berjalan dalam Jalan Mulia Berunsur Delapan. Dengan melakukan ini, seseorang menjadi umat Buddhis dan dengan demikian mengambil langkah pertama menuju Nirvana.
Seperti halnya jutaan orang yang tak terhitung lainnya dalam kurun waktu 2500 tahun terakhir, saya menemukan bahwa ajaran Buddha menjadi masuk akal di dunia yang sulit ini. Ajaran Sang Buddha telah memberikan arti pada kehidupan yang sebelumnya tidak berarti. Mereka telah memberikan saya etika simpati dan welas asih yang dengannya menuntun kehidupan saya dan mereka telah menunjukkan bagaimana saya bisa mencapai kondisi kemurnian dan kesempurnaan di kehidupan selanjutnya. Seorang penyair di India kuno pernah menuliskan tentang Buddha:
“Untuk pergi kepada-Nya sebagai perlindungan, untuk menyanyikan pujian-Nya, untuk menghormatinya dan berdiam dalam Dhamma adalah dengan bertindak disertai pemahaman.”
Saya sangat setuju dengan perkataan ini.

Artikel Populer