Langsung ke konten utama

Bagaimana dengan meditasi cinta kasih? Bagaimana mempraktikkannya?

Setelah anda mulai terbiasa dengan Meditasi Perhatian pada Nafas dan mempraktikkannya secara rutin, anda dapat memulai praktik Meditasi Cinta Kasih. Meditasi ini harus dilakukan dua hingga tiga kali setiap minggu setelah anda melakukan Meditasi Perhatian pada Nafas. Pertama, arahkan perhatian anda pada diri anda sendiri dan katakan kepada diri anda perkataan seperti “Semoga saya sehat dan berbahagia. Semoga saya menjadi damai dan tenang. Semoga saya terlindungi dari mara bahaya. Semoga pikiran saya terbebas dari kebencian. Semoga hati saya dipenuhi oleh cinta kasih. Semoga saya sehat dan berbahagia.” Kemudian, satu-persatu pikirkan orang yang anda cintai, orang yang netral, seseorang yang tidak anda sukai atau anda benci, dan orang yang anda tidak sukai, berharap mereka dalam kondisi yang baik seperti anda.
Jika anda melakukan Meditasi Cinta Kasih secara rutin dan dengan sikap yang benar, anda akan menyadari perubahan yang sangat positif terjadi dalam diri anda. Anda akan menemukan bahwa anda lebih mampu untuk menerima dan memaafkan diri anda sendiri. Anda akan menemukan bahwa perasaan yang anda miliki kepada orang yang anda cintai bertambah. Anda akan menemukan anda mulai berteman dengan orang yang dulunya tidak anda acuhkan dan tidak anda pedulikan, dan anda akan menemukan keinginan jahat atau kebencian yang anda tujukan kepada orang-orang tertentu akan berkurang dan akhirnya lenyap. Terkadang jika anda tahu seseorang yang sakit, tidak bahagia atau menghadapi kesulitan, anda dapat memasukkannya dalam meditasi anda dan anda akan menyadari keadaan mereka menjadi semakin baik.
Pikiran, ketika dikembangkan dengan baik, merupakan instrumen yang sangat kuat. Jika kita bisa belajar untuk memfokuskan energi mental kita dan mengarahkannya kepada orang lain, hal itu bisa memberikan efek pada mereka. Anda mungkin mempunyai pengalaman seperti ini. Mungkin anda berada ada ruangan yang ramai dan anda merasakan bahwa seseorang sedang mengawasi anda. Anda berbalik dan, cukup yakin, seseorang sedang menatap anda. Apa yang terjadi adalah bahwa anda menerima energi mental dari orang tersebut. Meditasi Cinta Kasih juga seperti ini. Kita mengarahkan energi mental positif kepada orang lain dan mungkin dapat mengubah orang tersebut secara perlahan.
Ya, yang terakhir dan mungkin merupakan tipe meditasi yang paling penting dinamakan vipassana. Kata ini mengandung makna “melihat ke dalam” atau “melihat ke kedalaman” dan sering diartikan sebagai meditasi pandangan terang.

Artikel Populer